Kebutuhan Lapangan Kerja di Masa Depan,politisi Partai Golkar Khalid Zabidi Sebut UU Ciptaker Jadi Solusi

Kebutuhan Lapangan Kerja di Masa Depan,politisi Partai Golkar Khalid Zabidi Sebut UU Ciptaker Jadi Solusi


Khalid Zabidi, Politisi Partai Golkar








khabarberita.com | Laporan The Future of Jobs 2020 terkini dari World Economic Forum (WEO) telah rilis ke publik. Di dalam laporan ini bisa dibaca tentang pekerjaan apa saja yang akan tetap, akan muncul dan akan hilang dalam kurun waktu 5 tahun ke depan. 





Di dalam laporan ini juga bisa dibaca soal keterampilan apa saja yang paling dibutuhkan untuk bisa relevan di dunia kerja kelak. Tentang apa saja dampak wabah COVID-19 atas dunia kerja juga dibahas dalam laporan tersebut. 





Laporan The Future of Jobs 2020 ini memetakan pekerjaan dan keterampilan masa depan, melacak laju perubahan. Ini bertujuan untuk menjelaskan gangguan terkait pandemi pada tahun 2020, yang dikontekstualisasikan dalam sejarah siklus ekonomi yang lebih panjang dan prospek yang diharapkan untuk adopsi teknologi, pekerjaan dan keterampilan dalam lima tahun ke depan.





Terkait hal tersebut, politisi Partai Golkar Khalid Zabidi berharap UU Ciptaker dapat menjadi solusi dari kebutuhan itu. Dia mengharapkan Omnibus Law Ciptaker bisa membuat proses pembangunan, investasi, perizinan dan pelaksanaan menjadi lebih cepat, jaminan hukum yang jelas, mudah dan lancar.





"Perkembangan dan kemajuan teknologi mengubah cakrawala dan tatanan dunia industri dan lapangan pekerjaan yang baru. Indonesia harus menyiapkan diri dengan budaya ketenagakerjaan yang maju dan baru," ujar Ketua DPP AMPI ini, Senin (26/10/2020).





persaingan di masa depan akan berat dan ketat, bukan saja manusia bersaing dengan manusia, namun juga manusia bersaing dengan komputer, manusia bersaing dengan robot atau mesin.





"Sehingga dibutuhkan peraturan yang bisa mulai antisipasi terkait hal tersebut, soal pengupahan, skill level, jaminan kesejahteraan dan kebebasan berorganisasi para pekerja," lanjut Khalid.





UU Ciptaker ini diharapkan akan menjadi dasar baru bagi pembangunan ekonomi, bisnis, sumber daya manusia Indonesia di era baru, era digital dan komunikasi yang akan lahir pekerjaan-pekerjaan baru dengan mekanisme dan metode bekerja yang berbeda, yang membutuhkan skill berbeda dan cara penghargaan dan apresiasi yang berbeda dari cara-cara sebelumnya.


Load comments