Airlangga Hartarto Mendukung Program Ekonomi Jokowi Sejak Awal

Airlangga Hartarto Mendukung Program Ekonomi Jokowi Sejak Awal


khabarberita.com | Airlangga Hartarto adalah sosok menteri di Kabinet Indonesia Maju dengan peran sentral di bidang ekonomi. Beliau dikenal sebagai sosok teknokrat dan pengusaha yang masuk ke dunia politik sebagai kader dan saat ini menjadi Ketua Umum Partai Golkar. Airlangga memberikan kontribusi mendukung program-program Jokowi sejak awal pemerintahannya di periode Jokowi-JK.









Airlangga Hartarto masuk ke dalam Kabinet Kerja menjabat sebagai Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husin pada reshuffle kabinet tersebut. Sejak itu, dirinya semakin dipercaya Jokowi menjalankan program-program terkait ekonomi.





Kepercayaan Jokowi itu kian terlihat dengan penunjukan Airlangga Hartarto sebagai Menko Bidang Perekonomian di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 menggantikan peran Darmin Nasution yang tak lagi terpilih.





Boleh dikatakan, dirinya menjadi sosok sentral dalam proses perumusan hingga pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja ini. Undang-undang yang digarap dengan metode Omnibus Law tersebut sebagian besar mengatur soal kebijakan yang berada di bawah kementerian yang dia koordinasikan.





Airlangga sempat mengatakan UU Cipta Kerja merupakan salah satu cara agar Indonesia bisa terlepas dari jebakan negara berpenghasilan menengah atau middle income trap. Ambisi Presiden Joko Widodo tersebut sebelumnya juga sempat diungkapkan ketika Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan pada Oktober 2019.

"Bapak Joko Widodo dalam pelantikan presiden terpilih periode 2019 - 2024 pada 20 Oktober 2019 lalu telah menyampakan kita punya potensi untuk dapat keluar dari jebakan penghasilan menengah," jelas Airlangga ketika melaklukan pidato usai pengesahan UU Cipta Kerja dalam Rapat Paripurna DPR RI. Untuk mencapai ambisi tersebut, Airlangga mengungkapkan, pemerintah harus mampu menyediakan lapangan kerja serta meningkatkan kualitas tenaga kerja.

Kiprahnya pun kian terlihat di masa pandemi corona ini, saat Presiden Joko Widodo membentuk komite kebijakan pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Hal ini diatur dalam peraturan pemerintah (PP) yang ditandangani pada Senin (20/7/2020). Jokowi mempercayakan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).





Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) ini bertugas dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional yang terdampak hebat akibat pandemi. 









source


Load comments