Jenazah Diego Armando Maradona akan disemayamkan di Casa Rosada

Jenazah Diego Armando Maradona akan disemayamkan di Casa Rosada


khabarberita.com | Jenazah Diego Armando Maradona akan disemayamkan di Casa Rosada, istana Kepresidenan Argentina, sesuai penawaran Presiden Alberto Fernandez kepada keluarga kapten pemenang Piala Dunia 1986 tersebut. 

Maradona dan para pemain timnas Argentina secara terkenal pernah tampil di balkon Casa Rosada dengan trofi Piala Dunia di tangan setelah kemenangan tim Tango di Piala Dunia Meksiko tersebut. 

Gestur ini merupakan penghormatan terbesar dari Pemerintah Argentina kepada Diego Maradona karena tujuh mantan presiden Argentina juga pernah disemayamkan di Casa Rosada sejak 1906. 

Dari dunia olahraga, Juan Manuel Fangio, juara dunia lima kali Formula 1, juga pernah mendapatkan kehormatan sama pada 17 Juli 1995. 

Fernandez sendiri merupakan fans Argentinos Junior, klub pertama Diego Maradona. 

"Ketika pertama berpikir membuka rumah ini bagi Diego adalah karena dari balkon gedung ini, sang legenda mempersembahkan trofi Piala Dunia 1986 ke publik Argentina," tutur Fernandez,seperti dikutip M24Digital. 

"Saya ingin semua warga Argentina untuk mengunjunginya terakhir kali di tempat sama." "Sebelum ini, saya sempat berdiskusi untuk kemungkinan menetapkan lokasi persemayaman di lapangan Argentinos Juniors." 

"Saya sempat berbicara dengan Claudia Villafane (mantan istri Maradona) dan ia mengatakan bahwa lebih baik acara diadakan di Casa Rosada." 

Sang presiden juga mengutarakan bahwa kondisi pandemi membuat upacara persemayaman akan dilakukan di "area terbuka" di istana yang dibangun pada 1873 tersebut. 

Istana tersebut, yang juga berfungsi sebagai museum, sebenarnya ditutup untuk publik semenjak pandemi virus corona karena tengah menjalani pemugaran dan restorasi. 

Foto-foto dari media Argentina menunjukkan keluarga dan anak-anak Diego Maradona tiba di lokasi persemayaman mayat sang legenda di Casa Rosada sekitar pukul tengah malam pada Rabu (25/11/2020). 


Mereka adalah Claudia Villafane dengan kedua putrinya, Dalma dan Giannina. Dalma menarik perhatian karena ia turut membawa satu jersey Boca Juniors, mantan klub Maradona, di salah satu tangannya. 

Ketiganya masuk ke Casa Rosada sekitar pukul 23.30 untuk melakukan finalisasi upacara persemayaman yang akan bisa dihadiri publik mulai pukul 06.00 pagi pada Kamis. 

Tak lama kemudian, sekitar pukul 01.00 dini hari, giliran Veronica Ojeda (pacar Maradona) yang datang bersama sang anak hasil hubungan mereka, Diego Fernando Maradona Ojeda. 

Diperkirakan, sekitar 1 juta orang akan mengunjungi lokasi persemayaman tersebut dan menyampaikan penghormatan terakhirnya kepada pemakai nomor punggung 10 nan legendaris tersebut.


 

Load comments