Ada Jenis Baru Virus Corona di Inggris, Bagaimana Nasib Vaksin COVID-19?

Ada Jenis Baru Virus Corona di Inggris, Bagaimana Nasib Vaksin COVID-19?

 

Jakarta - khabarberita.comAda jenis baru virus Corona yang belakangan ditemukan di Inggris. 

Selain diduga lebih menular, virus Corona jenis baru ini memicu kekhawatiran terhadap efektivitas vaksin Corona.

Namun, para ahli dengan tegas menanyakan jenis baru Corona ini tak akan berpengaruh pada efektivitas vaksin Corona. Ahli menilai masih terlalu dini untuk melihat kekhawatiran tersebut.

"Strain (jenis) baru virus Corona yang diyakini mendorong penyebaran cepat di selatan Inggris tidak berpengaruh pada kemampuan vaksin melindungi seseorang dari COVID-19," kata Kepala Petugas Medis Inggris Profesor Chris Whitty, dikutip dari Mirror UK.

Mengapa jenis baru Corona ini disebut tak berpengaruh pada vaksin Corona?

Menurut Prof Whitty, jenis baru atau mutasi Corona selama ini selalu muncul dan belum ada bukti yang jelas jika jenis baru virus Corona tertentu berbahaya hingga lebih mematikan.

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan jenis baru virus Corona itu mungkin berada di balik penyebaran cepat infeksi di Inggris selatan saat ia mengumumkan rencana untuk memasukkan lebih dari 10 juta orang ke dalam pembatasan lebih ketat, yaitu ke tingkat 3.

"Saat ini kami telah mengidentifikasi lebih dari seribu kasus varian ini, terutama di selatan Inggris, meskipun kasus telah diidentifikasi di hampir 60 wilayah otoritas lokal dan jumlahnya meningkat dengan cepat," jelas Matt Hancock.

Para ilmuwan termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini akan meneliti lebih lanjut temuan tersebut. 

Memeriksa terkait apakah ia menghasilkan respons antibodi yang sama dengan versi COVID-19 saat ini dan untuk melihat bagaimana vaksin dapat berdampak padanya.

Diperlukan waktu hingga dua minggu untuk menyelidikinya secara menyeluruh. Public Health England (PHE) mengatakan bahwa hingga 13 Desember, 1.108 kasus dengan varian ini telah diidentifikasi, terutama di Inggris Selatan dan Timur.

PHE menambahkan bahwa kasus virus varian dalam jumlah tinggi telah diamati di beberapa daerah di mana juga terdapat insiden lonjakan kasus COVID-19 yang tinggi. 

Tetapi badan kesehatan Inggris mengatakan belum jelas apakah jenis baru virus Corona itu mendorong peningkatan kasus di sana.


Load comments