Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Balik Pertama Setelah Natal

Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Balik Pertama Setelah Natal

 


Jakarta, khabarberita.comPuncak arus balik pertama libur Natal dan tahun baru diprediksi terjadi pada hari ini, Minggu (27/12). Puncak arus balik pertama ini terjadi setelah rangkaian libur natal yang mulai berlangsung sejak Rabu (23/12).

PT Jasa Marga (Persero)memprediksi terjadi peningkatan volume kendaraan yang kembali ke Jakarta dari seluruh gerbang tol. Jumlah kendaraan yang kembali ke ibu kota diperkirakan mencapai 78.887 kendaraan, atau meningkat 13,82 persen dari lalu lintas (lalin) normal pada 27 Desember 2020.

Heru menuturkan mayoritas, atau sebanyak 57.404 kendaraan melintasi Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama arah Jakarta, meningkat 35 persen dari lalin normal.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi waktu perjalanan. Hindari kembali ke Jakarta pada waktu puncak 27 Desember 2020 demi perjalanan yang lebih nyaman," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (26/12).

Berdasarkan data Jasa Marga, sebanyak 483.072 kendaraan sudah meninggalkan Jakarta sejak 23 Desember 2020 hingga hari natal pada 25 Desember.

Angka itu merupakan akumulasi arus lalin dari beberapa GT barrier atau utama meliputi, GT Cikupa menuju arah barat, GT Ciawi menuju arah selatan, dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama menuju arah timur.

Selain kendaraan roda empat, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI juga memprediksi arus balik terjadi pada hari ini.

"Kami prediksi yang tadinya sudah mudik 23 Desember balik lagi pada 27 Desember," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Sabtu (26/12).

Masyarakat diperkirakan akan kembali ke kota asal untuk mulai beraktivitas seperti biasa pada esok hari, lantaran libur dan cuti bersama akhir tahun dibatalkan.

"Ini beda karena liburnya terputus. Ada libur natal setelah itu orang masuk kerja lagi, kemudian ada lagi libur tahun baru," kata Joni.

Berdasarkan data PT KAI hingga 26 Desember total penumpang kereta jarak jauh telah mengangkut 184.760 orang. Mayoritas penumpang melakukan perjalanan dari dan ke Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Sebanyak 10.963 penumpang melakukan perjalanan dari rute Stasiun Pasar Senen-Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Lempuyangan-Stasiun Pasar Senen sebanyak 8.901 orang.

Selain pada hari ini, puncak arus balik berikutnya juga diperkirakan terjadi pada 3-4 Januari 2021 mendatang, usai libur tahun baru.

"Arus balik sekitar 3-4 Januari 2021," ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, Sabtu (26/12).

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II juga memperkirakan puncak arus balik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada periode libur natal dan tahun baru terjadi pada 4 Januari 2021. Sedangkan, puncak arus mudik telah berlangsung pada 23 - 24 Desember 2020.

"Kira-kira di tanggal 4 Januari nanti (puncak arus balik). Untuk angkanya belum ada," terang Vice President (VP) Corporate Communication AP II Yado Yarismano.

source

Load comments