Australia Ubah Lagu Kebangsaan, Berlaku Mulai Hari Ini

Australia Ubah Lagu Kebangsaan, Berlaku Mulai Hari Ini

 


Canberra - khabarberita.com Australia resmi mengamandemen lagu kebangsaannya. Karena itu, mulai hari ini, warga Australia akan menyanyikan lagu kebangsaan yang berbeda.

Tak ada lagi kata muda dan bebas dalam lirik lagu kebangsaan Australia. Pemerintah Australia mengubahnya menjadi "karena kita satu dan bebas" dalam upaya mengenang sejarah panjang penduduk asli yang tinggal di sana.

"Kami hidup di tanah abadi bangsa First Nations, dan kami mengumpulkan cerita lebih dari 300 leluhur nasional dan kelompok bahasa," ujar Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan kepada wartawan di Canberra dilansir dari Reuters, Jumat (1/1/2021).

"Dan lagu kita harus mencerminkan itu. Perubahan yang telah kami buat dan kami umumkan hari ini, menurut saya, mencapai tujuan itu," imbuhnya.

Australia telah berjuang selama beberapa dekade untuk berdamai dengan Aborigin, yang tiba di benua itu sekitar 50.000 tahun sebelum penjajah Inggris.

Setiap tahun warga Australia memiliki hari libur nasional pada 26 Januari, menandai tanggal 'Armada Pertama' berlayar ke Sydney Harbour pada 1788, membawa sebagian besar narapidana dan pasukan dari Inggris. Beberapa penduduk asli menyebut Hari Australia sebagai 'Hari Invasi'.

Ide untuk mengubah susunan kata itu dilontarkan pada tahun 2020 oleh Perdana Menteri New South Wales Gladys Berejiklian. Berejiklian mengatakan bahwa susunan kata saat ini mengabaikan 'budaya bangsa pertama yang membanggakan' Australia.

Proposal tersebut disambut oleh beberapa anggota parlemen, termasuk Menteri Federal untuk Penduduk Asli Australia Ken Wyatt serta pemimpin Partai One Nation sayap kanan, Pauline Hanson.

source

Load comments