BGS Revisi Kepmen Terawan, Novavax Resmi Masuk Daftar Vaksin

BGS Revisi Kepmen Terawan, Novavax Resmi Masuk Daftar Vaksin

 

Jakarta, khabarberita.comMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor HK.01.07/ Menkes/12758/ 2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin Untuk Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disesase 2019 (Covid-19).

Keputusan yang diteken Budi sejak 28 Desember 2020 lalu itu memaparkan enam diktum, salah satunya menambahkan kandidat vaksin covid-19 dari perusahaan Novavax Inc, sehingga terdapat tujuh jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia.

Ketujuh vaksin tersebut diproduksi oleh Bio Farma, Astra Zeneca, Sinopharm, Moderna, Novavax Inc, Pfizer Inc and BioNtech, dan Sinovac Biotech.

Sementara Diktum kelima menyebutkan Kepmenkes Nomor HK.01.07/Menkes/9860/2020 yang diteken Menteri Kesehatan sebelumnya, yakni Terawan Agus Putranto pada 3 Desember 2020 lalu dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Kepmenkes itu juga menerangkan bahwa Menkes berhak mengubah jenis tujuh kandidat vaksin yang disebutkan dalam diktum pertama, bila mendapat rekomendasi Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional, sekaligus memperhatikan pertimbangan dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.



Budi sebelumnya menyatakan RI sudah menandatangani pembelian 50 juta vaksin corona dari Astrazeneca dan Novovax, selain 100 juta dosis vaksin Sinovac. Dari ketiga vaksin tersebut, baru AstraZeneca yang mengeluarkan hasil efikasi (efektivitas vaksin).

Novavax sendiri pada Senin 28 Desember 2020 kemarin baru saja mengumumkan dimulainya uji klinis fase 3 atau final di Amerika Serikat dan Meksiko yang bisa berlangsung hingga enam bulan.

Perusahaan yang berbasis di Maryland itu sempat dua kali menunda uji klinis sebelum akhirnya tercatat menjadi perusahaan kelima yang meluncurkan uji klinis vaksin Covid-19 skala besar di Amerika Serikat.

Uji klinis itu disebut akan melibatkan hingga 30 ribu relawan di sekitar 115 lokasi di Amerika Serikat dan Meksiko. 

Mengingat uji klinis baru saja dimulai, maka Novavax diperkirakan baru bisa mengirim vaksin pada kuartal terakhir tahun ini atau pada awal tahun depan.

source

Load comments