Cara Pemeriksaan Rapid Antigen, Perlu Tahu Biar Nggak Deg-degan!

Cara Pemeriksaan Rapid Antigen, Perlu Tahu Biar Nggak Deg-degan!

 

Jakarta - khabarberita.comBagi yang masih bingung bagaimana cara pemeriksaan rapid antigen, sebenarnya cara pengambilan sampelnya tak begitu berbeda dengan PCR.

Namun, tes Corona satu ini relatif lebih singkat.

Berdasarkan pengalaman di beberapa klinik, lama tes rapid antigen yang saya jalani bahkan tak memakan waktu lebih dari 5 menit.

Saya mengunjungi salah satu klinik di Tebet, Jakarta Selatan, untuk keperluan keluar-masuk Jakarta pada Kamis (29/12/2020), pukul setengah enam sore.

Sesampainya di sana, diarahkan petugas untuk isi formulir berisi biodata lengkap nama, alamat, dan lainnya.

Selain biodata lengkap, formulir berupa daftar riwayat perjalanan termasuk kontak erat dengan pasien positif COVID-19 juga wajib diisi. Adapula pertanyaan apakah selama sepekan ada riwayat perjalanan ke dan dari zona rawan atau zona merah.



Cara pemeriksaan rapid antigen oleh dokter umum kala itu mengambil sampel usap dari kedua lubang hidung saya, baik kiri dan kanan. Bagi saya yang sudah rapid antigen kedua kalinya, nyeri saat diswab masih sedikit terasa.

Sesudahnya, sampel tersebut langsung ditaruh di kaset dan saya pun menunggu selama satu menit untuk tahu hasilnya. Sempat waswas karena punya gejala umum COVID-19 beberapa hari belakangan, tetapi bersyukur hasilnya menunjukkan satu garis, yang berarti negatif COVID-19.



Total waktu menjalani rapid antigen dari awal pendaftaran, pemeriksaan, hingga administrasi kurang lebih 15 menit. Sementara untuk harga, dikenakan 335 ribu rupiah, harga di klinik tersebut untuk pemeriksaan dan hasil tes atau surat rapid antigen, yang juga bisa dikirim lewat email.

Dokter sempat menyarankan, meski hasil negatif COVID-19, saya tetap harus mematuhi protokol COVID-19 terlebih ketika berpergian. Begitu pula saat kembali dari luar kota, disarankan untuk melakukan rapid antigen kembali.

Cara pemeriksaan rapid antigen kurang lebih sama di beberapa klinik, klinik yang saya datangi sebelumnya pun mengharuskan swab di kedua lubang hidung, kanan dan kiri. Begitu pula dengan hasilnya yang keluar tidak lebih dari satu menit.

Namun, kendala yang sempat saya alami saat mencari rapid antigen di akhir pekan yaitu terkait jadwal dan penuhnya permintaan rapid antigen di beberapa RS. Lebih baik menghubungi nomor telepon yang tertera di website mereka dan menanyakan lebih dulu apakah masih ada jadwal rapid antigen yang tersedia.

source

Load comments