DKI Siapkan 800 Liang Lahat Covid Baru di Cipayung

DKI Siapkan 800 Liang Lahat Covid Baru di Cipayung

 

Jakarta, khabarberita.com --Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta tengah mempersiapkan lahan pemakaman baru untuk jenazah pasien virus corona (Covid-19) di Jalan Bambu Wulung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Upaya itu dilakukan guna mengantisipasi kekurangan lahan pemakaman usai jumlah kematian warga akibat terpapar Covid-19 melonjak belakangan ini.

"Saat ini di Bambu Wulung ada lahan 3 ribu meter persegi untuk pemakaman Covid-19 muslim, ada sekitar 800 liang ya," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Ivan Murcahyo saat ditemui di Kantor Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (21/1).



Tak hanya itu, pihaknya saat ini juga tengah mempersiapkan pematangan lahan milik Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur yang terletak di Jalan Sahabat, Kalideres, Jakarta Barat. Rencananya, ribuan liang lahat itu bakal difungsikan untuk pemakaman covid-19 muslim dn non-muslim.

"Ada luas 1,3 hektare di Tegal Alur yang Jalan Sahabat ya, jadi pematangan lahan. Kira-kira kapasitasnya 2.700 petak," jelasnya.

Lebih lanjut, Ivan mengaku saat ini pihaknya terus melakukan upaya sosialisasi dan pendekatan kepada warga yang berada di sekitaran pembangunan lahan pemakaman baru untuk jenazah Covid-19.

Meski tak sedikit mendapat penolakan, namun ia mengaku berkat sosialisasi dengan bantuan para pemuka agama, sejauh ini pembangunan lahan pemakan Covid-19 di wilayah sasaran berjalan kondusif.



"Kami terus mencari tempat untuk lahan makam baru ya, namun berharapnya sih tidak ada lonjakan kematian ya sehingga tidak perlu mencari makam Covid-19 lagi," ujar Ivan.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan pihaknya telah menyiapkan 1.500 liang lahat khusus jenazah Covid-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara.



TPU Pondok Ranggon yang selama ini digunakan untuk memakamkan jenazah covid-19 juga telah penuh sejak November 2020. TPU Pondok Ranggon hanya melayani makam tumpang.

Kondisi itu tak jauh beda dengan TPU Tegal Alur di Jalan Benda Raya yang blok makam covid-19 muslimnya telah penuh sejak 12 Januari lalu, sementara blok untuk pemakaman non-muslim masih tersedia sekitar 160 liang lahat.



Kapasitas keterisian di TPU Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan pun hampir mencapai 100 persen. Terhitung per Kamis (21/1) pukul 12.30 WIB sebanyak 495 liang lahat telah terisi dari kapasitas total makam sebanyak 556 buah.

src



Load comments