Kuburan Jenazah Covid TPU Srengseng Sawah Tersisa 61 Lubang

Kuburan Jenazah Covid TPU Srengseng Sawah Tersisa 61 Lubang

 

Jakarta, khabarberita.com -- Belum genap 10 hari pascapembukaan, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Srengseng Sawah, Jakarta, diprediksi tak bisa lagi menampung jenazah kasus Covid-19 pada esok, Jumat (22/1), karena jumlah lubang terbatas.

Data per Kamis (21/1) pukul 12.30 WIB, 495 liang lahat dari total kapasitas 556 unit pemakaman yang disediakan sudah terpakai. Artinya, hanya tersisa 61 lubang di TPU Srengseng Sawah.

"Hari ini mungkin terakhir pemakaman Covid-19 ya. Tapi hari ini masih melayani, mungkin kalau besok ya tinggal sedikit [lubangnya]," kata Kepala Satuan Pelaksana Zona 15 TPU Srengseng Sawah Sutandyo, saat dihubungi, Kamis (21/1).



Lahan pemakaman seluas 2.700 meter persegi ini khusus digunakan untuk pemakaman pasien covid-19 muslim. Sedangkan pasien covid-19 non-muslim masih bisa dimakamkan di TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat.

Menurut Sutandyo, TPU Srengseng Sawah bisa memakamkan hingga 50 jenazah pasien Covid-19 dalam sehari.

"Ya sehari bisa 50 jenazah, tapi ya variatif biasanya," kata dia.

Sutandyo mengatakan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta dalam waktu dekat akan membuka lahan pemakaman anyar untuk kasus Corona di wilayah Jakarta Timur. Upaya itu dilakukan guna mengatasi kekurangan lahan pemakaman akibat jumlah jenazah covid-19 yang melonjak.



"Rencananya sih akan disiapkan pemakaman covid-19 di Jakarta Timur ya. Tapi saya kurang tahu dimana, Bambu Wulung sepertinya, tapi saya juga tidak tahu dimananya," tutur dia.

Terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan pihaknya telah menyiapkan 1.500 liang lahat khusus jenazah covid-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara.



Infografis Fenomena Jemput Paksa Jenazah Covid-19.

"Prinsipnya kita akan menyiapkan kurang lebih 1.500 di tahap satu dan itu dalam waktu dekat ini sudah siap," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (20/1).

TPU Srengseng Sawah baru resmi dijadikan tempat pemakaman jenazah Covid pada 12 Januari.



Selain Srengseng Sawah, Pemprov DKI Jakarta menyediakan empat lokasi pemakaman Covid-19. Yakni TPU Tegal Alur di Jakarta Barat, TPU Pondok Ranggon di Jakarta Timur, TPU Rorotan di Jakarta Utara, termasuk TPU Srengseng Sawah.

Sementara itu, TPU Pondok Ranggon yang selama ini juga digunakan untuk memakamkan jenazah covid-19 juga telah penuh sejak November 2020. TPU ini hanya melayani makam tumpang.

Senada, blok makam Covid-19 muslim di TPU Tegal Alur telah penuh sejak 12 Januari lalu, sementara blok untuk pemakaman non-muslim masih tersedia sekitar 160 liang lahat.

src



Load comments