Masuk TP3 - Amien Rais Berpesan ke Listyo soal Penembakan FPI

Masuk TP3 - Amien Rais Berpesan ke Listyo soal Penembakan FPI

 

Jakarta, khabarberita.com -- Mantan Ketua MPR dan inisiator Partai Ummat, Amien Rais menantikan komitmen calon Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo soal penembakan enam laskar pengawal Rizieq Shihab pada 7 Desember 2020 lalu.

Amien menyatakan hal tersebut sebagai bagian dari Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) yang terjadi di jalan tol Jakarta-Cikampek tersebut.

Amien mengaku menangkap nada optimis dalam pernyataan Listyo sebelumnya yang bakal menindaklanjuti rekomendasi Komnas HAM mengusut insiden tersebut. Ia berharap pernyataan Listyo bukan hanya janji manis lantaran tengah menjalani uji kelayakan menjadi Kapolri.



"Ini sesungguhnya momen of truth. Saya lihat Pak Listyo Sigit Prabowo itu, omongannya kan merdu, mudah-mudahan aja," katanya dalam jumpa pers TP3 di Jakarta, Kamis (21/1).

Amien mengapresiasi Listyo bila benar akan menindaklanjuti rekomendasi Komnas HAM dalam insiden tersebut, kendati ada tokoh HAM yang menurut dia meragukannya. Mantan Ketua Umum PAN itu mengaku menunggu janji Listyo.

"Walaupun ada tokoh HAM yang mengatakan dia meragukan pernyataannya karena hanya karena uji kelayakan jadi ngomong yang bagus. Nanti praktiknya bagaimana itu masih kita tunggu," kata dia.



Lebih lanjut, Amien juga menyesalkan hingga saat ini tak banyak pihak yang mau berbicara lantang soal insiden tersebut. Ia khawatir, kondisi itu dapat menyebabkan penegakkan hukum dan HAM di Indonesia semakin tumpul.

Mantan Ketua Umum PAN itu juga khawatir kondisi demikian menjadi akhir dari demokrasi. Akhir demokrasi, menurut dia lahir saat pemimpin sebuah negara tak punya komitmen menegakkan prinsip-prinsip yang kemudian berakibat pada kelahiran pemerintahan otoriter.




Amien yang masuk dalam Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) enam laskar mengaku telah menyusun buku putih berisi fakta-fakta dalam insiden tersebut.

"Kita akan ikuti terus dan sambil mengikuti itu kita tetal akan punya insyaallah sebuah buku putih yang akan menyajikan kenyataan sejujur-jujurnya supaya paling tidak bangsa kita tahu apa yang terjadi," kata dia.

"Kepada Jokowi dan Kapolri baru seperti janjinya untuk membuka halaman baru Polri kita yang lebih adil, lebih manusiawi mengayomi," imbuhnya.

Dalam jumpa pers itu, termasuk Amien ada 18 nama yang menjadi bagian dari TP3. Beberapa di antaranya adalah Neno Warisman, Marwan Batubara, dan Busyro Muqqodas.

src



Load comments