Pemuda Muhammadiyah Minta Polisi Segera Tangkap Permadi Arya

Pemuda Muhammadiyah Minta Polisi Segera Tangkap Permadi Arya



Jakarta, khabarberita.com -- Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto meminta kepolisian segera menangkap Permafi Arya alias Abu Janda atas cuitan Islam agama arogan.

Sunanto mengapresiasi niatan Bareskrim Polri menindaklanjuti kasus tersebut. Namun, ia menilai kepolisian harus segera mengambil tindakan tegas.

"Cuitan tersebut nyata-nyata memecah belah umat. Bareskrim harus segera menangkap Abu Janda," kata Sunanto dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/1).


Sunanto menjelaskan bahwa Islam sama sekali tidak arogan. Agama Islam, menurutnya, datang dan berasimilasi dengan budaya yang ada di Indonesia.

Pria yang akrab disapa Cak Nanto itu mengatakan asimilasi Islam dengan kebudayaan lokal tidak memengaruhi keimanan. Sunanto menilai Permadi salah paham terkait hal itu.

"Saya kira cuitan Abu Janda jelas-jelas mengacaukan kesadaran budaya berislam itu sendiri. Dia keliru menafsirkan Islam," ucap Sunanto.

Sebelumnya, Permadi menjadi sorotan karena menyebut Islam sebagai agama pendatang yang arogan. Hal itu ia sampaikan saat berdebat dengan tokoh 212 Tengku Zulkarnain.

"Yang arogan di Indonesia itu adalah Islam sebagai agama pendatang dari Arab kepada budaya asli kearifan lokal. Haram-haramkan ritual sedekah laut, sampai kebaya diharamkan dengan alasan aurat," tulis Permadi dalam akun Twitter @permadiaktivis1. Cuitan itu saat ini telah dihapus.

Cuitan itu pun dilaporkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ke kepolisian. Bareskrim Polri berencana memeriksa Permadi pada Senin (1/2).

Src

Load comments