Presiden Portugal Marcelo Rebelo, Positif Corona Tanpa Gejala

Presiden Portugal Marcelo Rebelo, Positif Corona Tanpa Gejala

 

Jakarta, khabarberita.com -- Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa dinyatakan positif terinfeksi virus corona yang sejauh ini diketahui tanpa gejala.

Kantor kepresidenan Portugal mengumumkan kabar terebut pada Senin (11/1).

Sousa tengah berusaha kembali memenangkan pemilihan umum yang akan diselenggarakan pada 24 Januari, dua pekan yang akan datang.

Mengutip Reuters, dalam pernyataan resminya kantor kepresidenan mengatakan jika Sousa telah menginformasikan kondisinya kepada Perdana Menteri Antonio Costa dan Menteri Kesehatan Marta Temido.



Sousa akan melakukan isolasi mandiri di kediaman kepresidenan di Lisbon.

Hasil tes positifnya keluar setelah ia sempat dinyatakan negatif pada 6 Januari lalu. Saat itu ia melakukan kontak dengan seseorang yang terinfeksi dan tetap bekerja sesuai jadwal.

Costa diagendakan akan mengumumkan serangkaian pembatasan baru pada Rabu (13/1) di tengah pemberlakukan lockdown di Portugal.



Kabar ini menambah daftar panjang pemimpin dunia yang terpapar Covid-19.

Sebelumnya pada pertengahan Desember, Presiden Prancis Emmanuel juga dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Sebelum diketahui positif Covid-19, Macron diketahui sempat melakukan kontak fisik dengan Perdana Menteri Portugal Antonio Costa dalam waktu kurang dari dari 24 jam.

Macron dan Costa sempat menghadiri KTT Uni Eropa di Paris pada 14 Desember 2020 yang diselenggarakan oleh Organisasi untuk Kerja Sama dan pembangunan Ekonomi (OECD).

Jauh sebelum Macron dan Sousa, Presiden AS Donald Trump, PM Inggris Boris Johnson hingga Presiden Brasil Jair Bolsonaro juga lebih dahulu dinyatakan terpapar virus corona.

src



Load comments