Venezuela Harap Joe Biden Bisa Pulihkan Hubungan Diplomatik

Venezuela Harap Joe Biden Bisa Pulihkan Hubungan Diplomatik

 

khabarberita.com -- Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, mengatakan berharap negaranya dapat menjalin hubungan yang lebih baik dengan Amerika Serikat di bawah pemerintahan Presiden Joe Biden.

Sebagaimana diketa
hui, hubungan antara kedua negara itu terputus hampir dua tahun di era mantan Presiden Donald Trump.

"Kami harus memberi tahu Amerika Serikat: kami ingin meningkatkan hubungan kami, menjadikannya salah satu rasa hormat, saling mengakui, hubungan dengan masa depan," kata Maduro dalam pidato yang disiarkan televisi.

Maduro juga mendesak badan legislatif pro-pemerintah, Majelis Nasional, untuk mengambil inisiatif membangun hubungan baru dengan AS.



Dilansir AFP, Venezuela dan AS memutuskan hubungan diplomatik pada 23 Januari 2019, ketika pemerintah AS mengakui Pemimpin Oposisi Juan Guaido sebagai presiden sementara Venezuela.

Kendati berharap demikian, calon Menteri Luar Negeri AS, Anthony Blinken, menggambarkan Maduro sebagai "diktator brutal". Kemudian selama rapat dengar pendapat dengan Senat, Blinken menuturkan ia mendukung kebijakan Trump dalam mendukung Guaido.

Di era Trump, AS menjatuhkan sanksi terhadap pemerintah sosialis Venezuela dengan memberlakukan embargo minyak, menolak mengakui terpilihnya Maduro pada 2018, dan lain-lain.



Para analis meyakini bahwa pemerintahan Biden akan mengambil sikap yang lebih moderat dan akan mendukung mediasi internasional sebagai bentuk transisi menuju pemerintahan baru.

Sementara itu, Guaido sebelumnya mencatat bahwa ia dan para pendukungnya akan terus bekerja menuju menentang Maduro dan berusaha dan pemilu yang bebas dan adil.

Dia juga mengatakan bahwa "duta besarnya" di Washington hadir dalam pelantikan Biden.

src



Load comments