Bandara Ahmad Yani Tutup Total, 21 Penerbangan Terdampak

Bandara Ahmad Yani Tutup Total, 21 Penerbangan Terdampak

 


Semarang, khabarberita.com -- Sebanyak 21 penerbangan terdampak penutupan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang akibat tergenangnya landasan pacu (runway) oleh banjir.

"Sampai dengan saat ini terdapat 21 penerbangan yang terdampak, baik kedatangan maupun keberangkatan, dengan rute penerbangan dari dan ke Jakarta, Pangkalan Bun, Banjarmasin, Surabaya, dan Makassar," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto, dalam keterangannya, Sabtu (6/2).

"Seluruh penumpang yang melakukan perjalanan pada hari ini akan dilakukan reschedule pada penerbangan esok harinya," lanjut dia.

Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ditutup total pada Sabtu (6/2) menyusul belum teratasinya genangan air setinggi 15 Sentimeter di landasan pacu.

Padahal, pihak Bandara telah mengerahkan 54 unit pompa untuk membuang air namun belum optimal karena hujan deras masih terus mengguyur wilayah Kota Semarang.

Kondisi inipun dapat membahayakan bila aktivitas penerbangan baik keberangkatan dan kedatangan pesawat tetap dilakukan.

"Kondisi runway sampai dengan saat ini masih terdapat genangan air dan Foreign Object Damage (FOD) yang dapat mengganggu operasional penerbangan jika terdapat pesawat udara yang landingmaupun take off," ucap Hardi.

"Maka dari itu petugas bandara memonitor dan terus melakukan pembersihan pada area runway serta optimaliasi pengaktifan 54 unit pompa di area bandara sampai keadaan runway dinyatakan aman dan siap untuk beroperasi," jelas dia.

Selain landasan pacu, genangan banjir juga terdapat di jalur masuk akses Bandara. Para penumpang pun diantarkan keluar Bandara dengan menggunakan truk milik TNI Lanumad Ahmad Yani.

Pihak maskapai akan segera mengirimkan SMS blast kepada penumpang yang belum menuju bandara soal penjadwalan ulang ini. Penumpang yang menanyakan perihal pengembalian tiket atau refund ataupun penjadwalan ulang penerbangan akan diarahkan ke customer service maskapai terkait.

Src

Load comments