Gempa 5,2 M Guncang Tuban, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa 5,2 M Guncang Tuban, Tak Berpotensi Tsunami


Jakarta, Khabarberita.com -- Gempa bumi magnitudo 5,2 sempat mengguncang kawasan TubanJawa Timur pada Selasa (16/2) sore. 

Data yang direkam Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan pusat gempa terjadi di kedalaman 649 km.

Akan tetapi petugas memastikan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"21 km timur laut Tuban, Jawa Timur," tulis keterangan dalam laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (16/2).

Goncangan itu tercatat terjadi sekitar pukul 15.42 WIB dengan koordinat 6.70 LS - 112.05 BT.

Namun hingga kini belum ada perkembangan lebih lanjut mengenai dampak ataupun data kerusakan akibat goncangan tersebut. Termasuk soal peringatan lainnya.

Belum ada pula laporan mengenai korban jiwa terkait goncangan ini.

Ahli sebelumnya sempat memperingatkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan potensi bencana alam yang sangat besar. Dosen Universitas Hasanuddin (Unhas), Adi Maulana mengungkapkan potensi itu muncul dari proses terbentuknya kepulauan Indonesia.

"Indonesia menjadi sebuah negara dengan potensi bencana alam, terutama bencana tektonik geologi, hingga hidrometeorologi itu yang sangat besar sekali," ujar Adi dalam webinar 'Bencana di Negeri Cincin Api' yang diselenggarakan ALMI, Rabu (10/2) lalu.

Adi menerangkan kepulauan Indonesia terbentuk dari proses evolusi yang panjang akibat pergerakan tektonik. Proses ini berpotensi mengakibatkan arus konveksi di perut bumi hingga pergerakan lempeng.

"Inilah yang kemudian menjadikan gempa, terjadinya gunung api, kemudian terjadinya tsunami, tanah longsor, pegunungan, cekungan, atau dataran tinggi," terang dia lagi.

Src

Load comments