Insentif Kartu Prakerja Tak Kunjung Cair, Bisa Jadi Ini Masalahnya

Insentif Kartu Prakerja Tak Kunjung Cair, Bisa Jadi Ini Masalahnya


 Jakarta - Khabarberita.com | Tak kunjung cairnya insentif Kartu Prakerja menjadi salah satu hal yang dikeluhkan peserta. 


Direktur Operasi PMO Kartu Prakerja Hengki Sihombing pun memberi penjelasan.

Dia mengatakan, insentif akan diberikan jika sejumlah syarat terpenuhi. Pertama, peserta telah menyelesaikan pelatihan. Kedua, PMO menerima laporan penyelesaian pelatihan yang didapatkan dari lembaga pelatihan.

"Tapi lembaga pelatihan tidak memberikan langsung ke PMO, dia harus memberikan laporan ke digital platform, digital platform yang memberikan ke kita. Jadi jika laporan kita terima, barulah insentif bisa ditransferkan," katanya dalam teleconference, Jumat (26/2/2021).

Ia menambahkan, peserta Kartu Prakerja juga harus memberikan ulasan rating. Hal ini sebagai bagian dari upaya evaluasi lembaga pelatihan. Syarat ketiga, peserta harus mentautkan rekeningnya.

Dia mengatakan, jika semua syarat terpenuhi namun insentif Kartu Prakerja tak juga cair kemungkinan karena rekening peserta tidak tercantum.

"Alasannya kenapa nggak ada rekeningnya, mungkin dia mendaftar menggunakan KTP orang lain, sehingga di saat dia mentautkan rekeningnya, rekening yang ditautkan atau e-wallet yang ditautkan nomor NIK-nya tidak sesuai dengan NIK yang terdaftar Prakerja, ini hipotesa saya," jelasnya.

Src

Load comments