Meghan Markle Menang Sidang Kasus Privasi Surat Marah ke Ayah

Meghan Markle Menang Sidang Kasus Privasi Surat Marah ke Ayah

Jakarta, Khabarberita.com -- Meghan Markle memenangkan sidang melawan salah satu grup surat kabar Inggris terkait hak privasinya atas surat bernada marahnya kepada sang ayah, Thomas Markle.

Dalam persidangan pada pekan lalu, hakim pengadilan, Mark Warby, menyatakan bahwa Meghan "layak memiliki harapan bahwa isi suratnya merupakan ranah privat."

Meghan melayangkan gugatan ini kepada grup Associated Newspaper karena salah satu media di bawah naungan mereka, Mail on Sunday, menerbitkan isi suratnya kepada sang ayah pada 2019 lalu.

Ia mengirimkan surat itu kepada Thomas pada 2018, tepatnya beberapa bulan setelah Meghan menikah dengan Pangeran Harry.

Melalui surat itu, Meghan meminta sang ayah untuk tak sembarangan berbicara atau mengomentarinya di hadapan publik.

Associated Newspaper berdalih bahwa mereka mengungkap isi surat tersebut untuk mengoreksi pemberitaan salah satu majalah Amerika Serikat, People, yang tidak tepat.

Namun, hakim menganggap isi surat yang dibocorkan "terlalu berlebihan dan tak sesuai dengan hukum."

Meghan menyambut baik keputusan pengadilan ini. Menurutnya, tindakan Associated Newspaper sangat "ilegal dan merupakan praktik tidak manusiawi."

"Bagi saya dan banyak orang lain, ini adalah kehidupan nyata, hubungan nyata, dan sangat sedih. Kerusakan yang diakibatkan akan semakin dalam," ujarnya seperti dikutip AFP.

"Dunia perlu pemberitaan yang dapat diandalkan, sesuai fakta, dan berkualitas tinggi. Apa yang dilakukan Mail on Sunday dan rekan-rekan publikasinya itu kebalikan dari yang diperlukan dunia."

Pengacara Meghan, Mark Stephens, juga menyatakan bahwa keputusan pengadilan ini merupakan kemenangan besar bagi sang Duchess of Sussex, meski ganti rugi yang harus dibayarkan Associated Newspaper belum diumumkan.

"Yang jelas, dia sekarang sudah bisa membela diri dan menyatakan bahwa ia merupakan korban, bahwa surat itu memang seharusnya privasi dan tak boleh dipublikasikan," katanya.

Src

Load comments