Warnet Ini Disulap Jadi Penambang Kripto

Warnet Ini Disulap Jadi Penambang Kripto


Jakarta , khabarberita.com -

Saat ini banyak warung internet (warnet) yang terpaksa tutup karena pandemi. Beberapa warnet yang pandai berinovasi justru memanfaatkan keadaan dengan mengubah komputernya yang nganggur menjadi penambang mata uang kripto.

Seperti warnet LẮP ĐẶT PHÒNG NET yang dijalankan Star Gaming di Vietnam. Dalam postingan mereka di Facebook, yang kemudian dibagikan di Twitter oleh @I_Leak_VN, warnet tersebut memamerkan perangkat komputernya yang telah dilengkapi dengan GPU Nvidia RTX 3080.



"Mengubah bisnis di pandemi. Keuntungan lebih tinggi daripada bisnis warnet, pemilik warnet yang ingin melakukannya, mohon hubungi saya untuk melakukannya secara gratis," tulis warnet LẮP ĐẶT PHÒNG NET dalam postingan di Facebook, seperti dikutip dari PC Gamer, Minggu (19/2/2021).


Dalam foto yang dibagikan di Facebook terlihat barisan monitor dan PC yang tersambung dengan puluhan GPU. Ada juga foto perangkat komputer gaming yang mengesankan dan bisa menjadi penambang kripto yang andal.

Warnet LẮP ĐẶT PHÒNG NET juga bisa dengan mudah mengumpulkan RTX 3080 dalam jumlah banyak karena mereka turut memiliki bisnis menjual komponen PC. Meski tagihan listriknya diperkirakan akan membengkak, pemilik warnet LẮP ĐẶT PHÒNG NET mengaku sudah meraup untung yang signifikan.

Satu RTX 3080 bisa menghasilkan keuntungan harian yang cukup lumayan setelah di-tune. Apalagi dengan harga listrik di Vietnam yang cukup murah, dan warnet sudah memiliki komputer dan infrastruktur listrik yang memadai.

Jika satu PC biasanya hanya bisa menghasilkan sedikit keuntungan dalam sehari, rangkaian GPU yang terhubung komputer bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar saat menambang Etherium.

Tidak hanya di Vietnam, strategi serupa juga dilakukan oleh banyak warnet di negara lain. Seperti pengguna Twitter @harukaze5719 yang mengatakan penambangan mata uang kripto belakangan ini juga dilakukan oleh warnet di Korea Selatan.


Tentu saja pandemi COVID-19 merupakan salah satu faktor karena banyak warnet yang terpaksa tutup karena pembatasan sosial. Begitu pandemi mereda dan nilai mata uang kripto menurun, warnet-warnet tersebut mungkin akan kembali ke bisnis model sebelumnya.

Demam bitcoin dan mata uang kripto membuat banyak orang jadi lebih kreatif memanfaatkan perangkatnya. Seperti Simon Byrne, seorang pria asal Inggris yang memasang PC penambang Bitcoin dengan enam unit RTX 3080 di dalam bagasi mobil BMW i8.

Src

Load comments