Guiding Block Tunanetra Nabrak Tiang, Ini Kata Anies Baswedan

Guiding Block Tunanetra Nabrak Tiang, Ini Kata Anies Baswedan


 Jakarta - Khabarberita.com | Guiding block sebagai penunjuk jalan untuk tunanetra yang ada di trotoar di Jalan Veteran I punya arah menabrak tiang. 


Pemerintah Provinsi DKI dikritik lantaran fasilitas umum tersebut berpotensi mencelakakan penggunanya. Gubernur Anies Baswedan memberikan tanggapan.

Anies Baswedan mengatakan Ibu Kota memiliki banyak kekurangan. Dia lantas berterima kasih kepada warga yang telah mengingatkan kekurangan tersebut

"Kalau Anda mau cari yang kurang, saya rasa kota ini punya koleksi kekurangan yang cukup banyak. Kita terima kasih kepada masyarakat yang ikut mencari hal-hal yang kurang sehingga kita bisa perbaiki," ujar Anies saat ditemui di kawasan Kebon Sirih, Menteng, Jakpus, Kamis (11/3/2021).


Anies mengatakan, stok kekurangan di Ibu Kota ada di mana-mana, begitu pula dengan kelebihannya. Karena itu, dia meminta masyarakat turut membantu melaporkan ke Pemprov DKI apabila menemukan fasilitas umum yang perlu diperbaiki.

Di Jalan Veteran I, Jakarta Pusat

Ini juga bagian dari koreksi untuk jajaran. Jadi kita senang dengan masukan-masukan seperti itu, dan kita melihatnya sebagai bagian dari terus-menerus melakukan perbaikan," kata Anies.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI Jakarta dikritik Koalisi Pejalan Kaki lantaran adanya guiding block di kawasan Gambir, Jakpus, yang menabrak tiang lampu jalan. Koalisi Pejalan Kaki meminta tiang lampu jalan yang menghalangi itu harus dimundurkan supaya jalur guiding block bisa lurus.

"Guiding block ini adalah fasilitas untuk tunanetra pejalan kaki, perlambang kota yang beradab. Apabila ternyata masih ada penghalang di guiding block, ini bukan beradab, tapi biadab, karena bisa mencelakakan orang," kata Ketua Koalisi Pejalan Kaki Alfred Sitorus, Rabu (10/3) kemarin.

Di Jalan Veteran I, Jakarta Pusat

Lokasi guiding block yang dipersoalkan Koalisi Pejalan Kaki tersebut berada di trotoar di seberang kedai Ragusa Es Italia. Ada dua tiang yang berdiri menghalangi jalur guiding block di trotoar tersebut.

Adapun trotoar ini menghubungkan pejalan kaki dari Stasiun Juanda, Jl Ir H Juanda menuju Jl Medan Merdeka Utara atau seputaran Monas, Gambir. Dari titik guiding block yang menabrak tiang ini, pejalan kaki sudah bisa melihat pucuk emas Monas. Guiding block ini juga dekat dengan kali.

Src

Load comments