DomaiNesia

Jokowi Terima Kunjungan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta

Jokowi Terima Kunjungan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta

 

khabarberita.com | Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7/2022).

Presiden Jose Ramos Horta masuk kedalam area Istana dengan menggunakan mobil kepresidenan. Mobil tersebut dikelilingi dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang berjalan kaki mengiringi dari gerbang masuk hingga di halaman depan Istana.

Sedangkan di depan mobil yang ditumpangi Presiden Ramos Horta, terlihat ada 10 orang pasukan berpakaian adat daerah Indonesia serta 6 orang pasukan berkuda dan pasukan marching band yang memainkan sejumlah lagu dengan mengenakan seragam berwarna merah putih.

Setelah tiba di halaman depan Istana, Presiden Jose disambut dengan tarian daerah dan sejumlah warga yang berpakaian adat daerah sambil melambaikan bendera kedua negara.

Adapun rangkaian acara penyambutan kenegaraan Presiden Jose Ramos Horta oleh Presiden Hokowi dimulai dengan penyambutan kedatangan saat memasuki Istana Kepresidenan Bogor dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan yang akan diiringi dengan lagu kebangsaan kedua negara dan 21 dentuman Meriam.

Setelah itu, kedua pemimpin negara akan melakukan pengenalan terhadap masing-masing delegasi dari kedua negara yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu.

Delegasi Indonesia yang mendampingi Presiden Jokowi adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Dubes RI untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik, dan Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri Santo Darmosumarto.

Sementara delegasi dari Timor Leste terdiri dari Menteri Luar Negeri dan Korporasi, Menteri Perhubungan dan Komunikasi, Menteri Pertanian dan Perikanan, Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia, Ketua Dewan Kepresidenan Sipil dan Direktur Jenderal untuk Urusan Asia.

Kemudian, Presiden Jokowi dan Presiden Jose akan melakukan penanaman pohon Gaharu bersama di halaman Istana Kepresidenan Bogor. Setelah itu, mereka akan melakukan pertemuan tatap muka atau veranda talk di veranda belakang Istana.

Acara dilanjutkan dengan melakukan pertemuan bilateral dengan delegasi masing-masing di Ruang Oval Istana Bogor. Lalu kedua Kepala Negara ini akan menyaksikan naskah atau nota kesepahaman yang akan ditandatangani.

Setelah itu, Presiden Jokowi dan Presiden Jose akan melakukan keterangan pers bersama. Rangkaian acara penyambutan kenegaraan hari ini akan ditutup dengan jamuan santap siang kenegaraan.

src

Load comments