DomaiNesia

Mendagri Buka Apkasi Otonomi Expo 2022 di Senayan

Mendagri Buka Apkasi Otonomi Expo 2022 di Senayan

 

khabarberita.com | Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian membuka pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022 yang digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Rabu (20/7/2022).

Pelaksanaan AOE 2022 resmi dibuka ketika Mendagri Tito Karnavian memukul gong dalam acara pembukaan. Rencananya, AOE 2022 digelar selama tiga hari mulai 20 Juli hingga 22 Juli 2022.

Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang mengatakan AOE 2022 menjadi ajang bagi daerah untuk mempromosikan potensi unggulan setiap daerah, diantaranya komoditi dan peluang investasi di masing-masing daerah.

Melihat pengalaman penyelenggaraan AOE 2021, lanjut Sarman, Apkasi berharap AOE 2022 dapat mencetak transaksi perdagangan dan komitmen investasi. Berdasarkan catatan Apkasi, transaksi perdagangan dan komitmen investasi pada AOE 2021 mencapai sekitar Rp 11,3 triliun.

“Meski begitu, Apkasi tidak mematok target transaksi perdagangan dan/atau komitmen investasi di AOE 2022. Yang jelas bahwa kami ingin penyelenggaraan Apkasi Otonomi Expo 2022 ini bisa mempromosikan dan mempublikasikan peluang-peluang apakah itu di bidang investasi, pariwisata, kemudian juga terutama aneka produk produk unggulan daerah," kata Sarman Simanjorang.

Dalam AOE 2022, terdapat sekitar 245 stan yang dipamerkan. Ratusan stan itu terdiri dari 122 Pemkab, empat kementerian dan BUMN, serta perusahaan swasta nasional dan UMKM.

Salah satu rangkaian kegiatan AOE 2022 adalah executive dialoguedengan tema “Peluang, Peran dan Harapan Pemerintah Daerah terhadap KTT G-20”. Dalam acara ini para bupati se-Indonesia akan diajak untuk berdiskusi tentang peran dan apa yang akan Pemerintah kabupaten dapatkan selama KTT G-20.

Selain itu juga akan ada acara talkshow peningkatan pemberdayaan UKM yang juga dapat diikuti oleh para peserta dari berbagai daerah untuk membahas bagaimana meningkatkan untuk memberdayakan UKM.

src

Load comments