DomaiNesia

PAN: KIB Bukan Sekadar soal Capres-cawapres

PAN: KIB Bukan Sekadar soal Capres-cawapres

 

khabarberita.com | Politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Guspardi Gaus menyebut terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) merupakan bagian dari pendidikan dan pencerahan politik yang dilakukan oleh elite Partai Golkar, PAN, dan PPP. 

Menurut Guspardi, KIB bukan sekadar mengenai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), tetapi lebih besar dari itu, yakni edukasi politik.

“KIB ini adalah soal pendidikan politik dan pencerahan yang dilakukan oleh para petinggi partai, baik Golkar, PAN dan PPP,” ujar Guspardi kepada wartawan, Kamis (28/7/2022).

Guspardi mengatakan KIB dibentuk, karena ada kesetaraan antara Golkar, PAN, dan PPP. Koalisi ini dibuat lebih awal agar mempunyai banyak waktu untuk mendiskusikan platform kebijakan yang ingin dibawa pada kontestasi pemilu.

“Waktu yang cukup untuk mengelaborasi kepentingan politik masing-masing partai dan memiliki potensi guna menciptakan koalisi yang berlandaskan pada ide dan gagasan, menuju momen Pemilihan Umum 2024,” ucapnya.

Selama ini, menurut Guspardi, penentuan capres dan cawapres biasanya dilakukan menjelang waktu mendekati pemilu. Setelahnya, baru ada kerja sama atau koalisi partai.

“Kita membangun tradisi baru, bangun koalisi terlebih dahulu baru nanti ditentukan pasangan capres dan cawapres yang diusung koalisi,” ujarnya.

Guspardi mengatakan saat ini PAN tengah konsentrasi melakukan konsolidasi partai dan persiapan untuk menghadapi Pemilu 2024, baik terkait pencalegan dini dan saksi-saksi yang akan ditetapkan di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS).

“Dengan persiapan matang yang dilakukan oleh DPP PAN, saya yakin dan percaya, PAN ke depan akan meraih hasil sesuai dengan keinginan dan harapan kader dan seluruh jajaran dari tingkat kecamatan dan DPP, sehingga persiapan-persiapan itu secara dini sudah dilakukan dari akar rumput sampai ketingkat pusat,” pungkas Guspardi.

src

Load comments