DomaiNesia

Presiden Jokowi Salat Iduladha 1443 H di Masjid Istiqlal

Presiden Jokowi Salat Iduladha 1443 H di Masjid Istiqlal

 

Khabarberita.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan salat Iduladha 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Presiden Jokowi yang hadir mengenakan, jas berwarna abu-abu yang dipadu peci hitam, hadir bersama Ibu Iriana Joko Widodo.

Hadir pada salat Iduladha Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Dr KH Nasaruddin Umar, jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga negara, perwakilan negara-negara sahabat, masyarakat, dan perwakilan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam. Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal dipimpin Imam Masjid Istiqlal Ustadz Salim Ghazali.

Ketua Badan Wakaf Indonesia Pusat, KH Mohammad Nuh dalam khotbahnya salat Iduladha bertema "Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebhinekaan" mengungkapkan bahwa bersyukur itu bukan hanya pemberian nikmat yang diterima, tetapi atas dihindarkan dari musibah. Itu pun juga harus disyukuri. "Kita sendiri tidak tahu, musibah apa yang sebenarnya akan terjadi dan betapa banyak musibah itu yang dihilangkan, dihindarkan oleh Allah SWT," kata Nuh.

Ia mengatakan bersyukur itu karena manusia bisa bersyukur, tetapi karena tidak semua orang bisa bersyukur. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama bersyukur kehadirat Allah SWT. 

"Salah satu ciri nikmat Allah itu sifatnya terus-menerus, continuous. Sesekali saja mengalami diskontinuitas atau terputus. Terputus itu untuk mengingatkan kepada kita semua bahwa selama ini kita sudah menerima nikmat itu," katanya.

Pada Iduladha tahun ini, Presiden Jokowi juga menyerahkan hewan kurban di Masjid Istiqlal berupa seekor sapi berjenis Simental berbobot 1 ton.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga menyerahkan bantuan kemasyarakatan berupa hewan kurban masing-masing satu ekor sapi di 34 provinsi di Indonesia.

src

Load comments