DomaiNesia

Terima Menlu Vietnam, Jokowi Bahas Perdagangan dan Investasi

Terima Menlu Vietnam, Jokowi Bahas Perdagangan dan Investasi

 

khabarberita.com | Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Vietnam Bui Thanh Son dan delegasi di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi memberikan tiga arahan kepada Menlu Indonesia Retno Marsudi yang akan melakukan pertemuan komisi bersama dengan Menlu Vietnam.

Hal tersebut disampaikan Menlu Retno Marsudi saat memberikan keterangan seusai mendampingi Presiden Jokowi.

Arahan pertama yang diberikan Presiden Jokowi, kata Retno, adalah di bidang perdagangan. Melihat tren yang terjadi, perdagangan antara kedua negara terus mengalami peningkatan. Target pemenuhan perdagangan US$ 10 miliar (Rp 14,9 triliun) telah terlampaui.

“Oleh karena itu Bapak Presiden mengatakan penting bagi kedua negara untuk menetapkan target baru untuk beberapa tahun ke depan. Ini nanti akan kita bahas pada saat pertemuan kedua menteri luar negeri," kata Retno Marsudi.

Arahan kedua, kata Retno, di bidang investasi. Menurutnya, investasi Indonesia di Vietnam cukup banyak yakni sudah lebih dari US $ 600 juta. Kepada Menlu Vietnam, Presiden Jokowi pun menitipkan para investor Indonesia di Vietnam untuk mendapatkan perlakuan yang adil.

"Tentunya dengan menciptakan kondisi yang kondusif bagi investor. Tentunya investasi kedua belah pihak akan terus meningkat,” ujar Retno Marsudi.

Kemudian arahan ketiga yang disampaikan oleh Presiden Jokowi adalah terkait perundingan batas zona ekonomi eksklusif (ZEE) antara kedua negara. Presiden Jokowi menyampaikan pentingnya tim teknis para negosiator mempercepat perundingan sehingga dapat segera diselesaikan.

Sementara itu, Menlu Vietnam Bui Thanh Son menyampaikan penghargaan dan ucapan selamat kepada Indonesia dalam mengatasi Covid-19. Selain itu, Menlu Vietnam juga memuji kepemimpinan Indonesia di G-20.

"Juga menyampaikan dukungan penuh Vietnam terhadap keketuaan Indonesia untuk ASEAN pada tahun depan, tahun 2023," Bui Thanh Son.

Load comments