DomaiNesia

HUT RI Ke 77, Berikut Catatan Penting Menko Marves

HUT RI Ke 77, Berikut Catatan Penting Menko Marves

Khabarberita.com | Dalam suasana Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI),
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan beberapa catatan penting.


Catatan penting yang diberikan politikus senior Partai Golkar itu, adalah torehan keberhasilan pemerintah Indonesia selama menghadapi pandemi Covid-19 hingga acara G20 2022 di Bali.

"Momentum peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke 77 tahun ini menjadi sangat spesial," kata Luhut dikutip dari akun facebook terverifikasinya, Kamis (18/8/2022).

Sebagai bangsa, kata Luhut, Indonesia berhasil mengatasi masalahnya sendiri.

Padahal, ia menilai, dampak pandemi Covid-19 menghasilkan beragam tantangan.

"Termasuk ketidakpastian kondisi global, baik perekonomian maupun geopolitik masih bergejolak. Sebagai bangsa yang hebat, Indonesia bisa mengatasi masalahnya sendiri dan saya pikir ini patut kita syukuri di 17 Agustus ini," ujarnya.

Luhut pun meminta semua pihak, agar terus bekerja sama dengan pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa.

Ia pun memastikan, pemerintah akan terus memberikan data terkini kepada masyarakat, utamanya dalam hal perekonomian.

Pemerintah memastikan akan memberikan informasi faktual tentang kondisi ekonomi dalam negeri.

"Pemerintah pasti akan memberikan data yang benar, (termasuk) kalau ada sinyal tidak baik dengan ekonomi kita," ungkapnya.

Tak sampai disitu, Luhut menegaskan, kondisi ekonomi sekarang ini membuktikan Indonesia sudah semakin baik, dibandingkan dengan negara lain.

Dia meminta semua pihak untuk percaya dan mematuhi instruksi dari pemerintah agar semakin membaik.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini menyebut Indonesia tetap harus waspada dengan kemunculan varian-varian baru dari Covid-19. Mengingat belum ada yang bisa memastikan pencabutan status pandemi oleh WHO.

"Mari sama-sama padukan tekad kita untuk tetap disiplin hadapi covid yang belum tentu kapan berakhirnya. Jadi apapun yang diarahkan pemerintah, tetap harus mematuhinya," kata dia.

Di sisi lain Luhut menyebut pandemi telah mendorong Indonesia melakukan berbagai lompatan baru. Keadaan darurat ini pun memaksa reformasi diberbagai bidang yang menghasilkan berbagai terobosan dan inovasi.

Bahkan, di sektor kesehatan, Indonesia mampu menghasilkan produk-produk teknologi kesehatan. Sehingga Indonesia jadi negara yang mandiri.

"Reformasi kesehatan telah menghasilkan produk-produk teknologi kesehatan dalam negeri dan buat kita makin mandiri," kata dia.

Indonesia kata Luhut, mampu membuktikan kepada dunia bahwa kondisi negeri ini cenderung lebih baik daripada negara-negara lainnya di dunia.

"Inilah yang membuat kita mampu menatap gelaran Presidensi Indonesia pada KTT G20 dengan rasa bangga dan penuh percaya diri," sambungnya.

Semua hal tersebut menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa sudah tumbuh kuat mengakar di dalam jiwa dan raga seluruh elemen masyarakat Indonesia.

Ini sekaligus membuktikan berbagai kebijakan yang telah ditempuh Pemerintah dalam dua tahun terakhir. Khususnya di era pandemi telah berhasil membuat pemulihan yang lebih cepat dan kebangkitan yang lebih kuat.

Dia berpesan tantangan dan ujian akan terus ada di depan mata harus terus menggelora. 

"Mari kita siapkan diri untuk menghadapi tantangan dan persaingan di masa depan, karena mereka yang bersiap lah, yang akan memenangkan persaingan," pungkasnya.
Load comments