DomaiNesia

Senior Golkar: Kejujuran dan Budi Pekerti Nilai Utama Kehidupan

Senior Golkar: Kejujuran dan Budi Pekerti Nilai Utama Kehidupan

Khabarberita.com | Senior Golkar Agun Gunandjar Sudarsa mengemukakan makna kemerdekaan yang hakiki adalah lepas dari ketergantungan kepada pihak lain. 

Maka itu, dirinya meminta bangsa Indonesia menjadi manusia merdeka yang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. 

Hal itu diutarakan Agun dalam amanatnya saat memimpin upacara peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia di Rumah Cuklik Bogor, Rabu (17/8/2022). 

“Merdeka dimaknai bebas lepas dari ketergantungan bangsa lain. Begitu juga sebagai warga negara, merdeka adalah tidak bergantung kepada orang lain. Manusia merdeka adalah manusia yang bisa mencukupi kebutuhannya dari tenaga, usaha, dan keringatnya sendiri,” urai Agun. 

Agun mengatakan, jika merdeka itu memberi bukan meminta. Terkhusus kepada anak-anak yang masih sekolah atau masih dibawah asuhan orangtuanya, Agun meminta agar ketika dewasa mereka bisa mandiri dan membahagiakan orangtua juga orang-orang sekitarnya. 

“Untuk itu, memaknai kemerdekaan, doronglah saudara kalian menjadi manusia merdeka yang kelak akan menjadi orang yang mampu mencukupi kebutuhannya sendiri. Merdeka itu memberi bukan meminta. Bukan sekedar memberikan kebahagiaan secara material, tapi melepaskan beban orangtua. Orangtua tak akan pernah meminta apapun, tapi senang bila anaknya bisa hidup mandiri,” paparnya. 

Anggota Komisi XI DPR RI menekankan, jika perilaku dan budi pekerti merupakan nilai-nilai yang harus dimiliki seseorang. Pengetahuan seluas apapun tak akan ada nilainya bila seseorang memiliki adab maupun tata krama yang buruk. Kejujuran, dinilai Agun, hal yang paling utama harus dimiliki agar seseorang menjadi berguna dan memberikan manfaat bagi orang lain. 

“Pengetahuan tak akan ada apa-apanya bila memiliki perilaku tidak baik, tidak berbudi pekerti, tidak punya sopan santun. Itu yang utama dinilai. Kejujuran, kedisiplinan dan bertanggung jawab, itu yang akan dilihat orang lain dari diri kita,” tegasnya.

Src

Load comments