DomaiNesia

Zainudin Amali Dampingi Presiden Jokowi Tutup Asean Para Games Solo 2022

Zainudin Amali Dampingi Presiden Jokowi Tutup Asean Para Games Solo 2022

 

khabarberita.com Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mendampingi Presiden Joko Widodo menutup Asean Para Games Solo 2022.

Presiden mengapresiasi capaian tim Merah Putih yang berhasil keluar menjadi juara umum dalam pesta olahraga difabel Asia Tenggara edisi ke-11 ini.

Upacara penutupan Asean Para Games Solo 2022 ini berlangsung di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8) malam. Berbagai hiburan disajikan baik saat off air hingga siaran langsung dimulai.

“Dengan mengucap puji syukur kepada Allah SWT, Alhamdulillahirabbil ‘alamin, Asean Para Cames ke-11 Tahun 2022 saya nyatakan ditutup malam hari ini. Sampai jumpa di Asean Para Games ke-12 Tahun 2023 di Kamboja,” kata Presiden dalam acara yang disiarka langsung oleh salah saru channel televisi tersebut.  

Kepala Negara menyampaikan, Indonesia sangat bangga bisa menjadi tuan rumah Asean Para Games tahun ini. Presiden kemudian menyampaikan terima kasih atas keikutsertaan dari seluruh atlet yang telah bertanding selama ajang ini bergulir. 

“Terima kasih atas partisipasi dari 1.248 atlet dari negara-negara Asean. Terima kasih telah memberikan pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan. Dengan komitmen dan kerja keras, disabilitas mampu mencetak sejuta prestasi," ujar Presiden.

Menurut Presiden, solidaritas antar bangsa-bangsa di Asean yang ditunjukkan para atlet akan menjadi kekuatan yang besar bagi kawasan dan juga penyandang disabilitas. 

“Kita mendukung terus inisiatif dari penyandang disabilitas. Kita sukseskan Asean Para Games tahun depan di Kamboja," sambung Presiden.

Lebih lanjut, Presiden mengucapkan terima kasih kepada seluruh kontingen dari semua negara yang telah menyemarakkan Asean Para Games Solo 2022. Presiden menyebut seluruh atlet telah menunjukkan sportivitas serta rasa persaudaraan. 

Tak lupa, Presiden juga menyampaikan kepada Asean Para Sports Federation, National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, serta seluruh penyelenggara yang terlibat. 

“Saya juga berterima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota Surakarta dan masyarakat Kota Solo dan Solo Raya yang telah menjadi tuan rumah yang sangat ramah," jelas Presiden. 

Dalam ajang ini, Indonesia keluar sebagai juara umum Asean Para Games Solo 2022. Hasil ini dicapai setelah tim Merah Putih mengoleksi 175 medali emas, 144 perak, dan 106 perunggu dengan total perolehan medali sebanyak 425.

src

Load comments