DomaiNesia

Konflik SDN Pondok Cina 1, Komnas HAM Segera Panggil Wali Kota Depok

Konflik SDN Pondok Cina 1, Komnas HAM Segera Panggil Wali Kota Depok


Khabarberita.comKomisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM segera memanggil Wali Kota Depok terkait konflik SDN Pondok Cina 1.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Komisioner Komnas HAM, Putu Elvina dan Anis Hidayah seusai melihat langsung kondisi sekolah sekaligus mendengarkan keluhan orang tua siswa.

Pertemuan antara Komnas HAM dan orang tua siswa dilakukan di salah satu ruang kelas di SDN Pondok Cina 1, Beji, Depok.

Menurut Putu, dari laporan para siswa atau wali murid, rencana relokasi atau penggusuran SDN Pondok Cina 1 menjadi masjid raya tidak dilakukan secara baik, sehingga ini menimbulkan kekerasan baru sebenarnya oleh sistem lantaran penempatan atau relokasi tersebut yang tidak direncanakan dengan baik.

Putu menambahkan, banyak laporan yang disampaikan orang tua siswa terkait permasalahan akibat konflik ini, dimana siswa kesulitan mendapatkan layanan pendidikan dengan baik karena tidak adanya guru yang mengajar.


"Kita tahu bahwa hal untuk mendapatkan layanan pendidikan adalah hak dasar yang dijamin Undang Undang baik itu UU 1945 atau UU Perlindungan Anak. Dan kewajiban untuk melakukannya itu terletak pada pemerintah kota," kata Putu.

Anis mengatakan, jika Pemkot Depok mau membangun rumah ibadah dan lain sebagainya, harus dipastikan bahwa lokasi atau bangunan tidak ada terpakai.

Namun ini kondisinya berbeda, sekarang SDN Pondok Cina 1 adalah sekolah yang aktif dengan jumlah siswa sebanyak 362.

Sehingga, jika siswa SDN Pondok Cina 1 dititipkan atau menumpang di sekolah lain, akan terjadi perubahan jam belajar, tempat baru, akses baru, yang dapat berpotensi mencederai hak siswa untuk mendapatkan pelajaran yang optimal.

Jika tidak dilakukan relokasi yang baik, maka ada indikasi anak-anak tersebut akan mendapatkan, selain kekerasan tentu saja kelalaian oleh sistem yang dibangun. Sehingga masalah atau hak pendidikan mereka terganggu. Ini yang tidak diinginkan kita Anis.

Komnas HAM mendorong wali kota dan gubernur untuk mempertimbangkan baik-baik rencana eksekusi ini. Komnas Ham akan segera memanggil Walikota Depok bersinergi dengan dan gubernur untuk membahas konflik ini.

Sebelumnya, sejumlah elemen masyarakat dan mahasiswa menggelar unjuk rasa di depan SDN Pondok Cina 1, Beji, Depok, Selasa (13/12/2022). Mereka menyatakan sikap agar relokasi SDN Pondok Cina 1 harus memenuhi hak anak atas pendidikan.

Dengan membawa sejumlah spanduk dan poster berisi kritikan, puluhan pengunjuk rasa mengecam tindakan Pemerintah Kota Depok yang dinilai sangat mencederai dunia pendidikan di kota Depok.

Mereka berorasi dan mendesak Pemerintah kota Depok agar relokasi SDN Pondok Cina 1 harus mengedepankan upaya dalam memfasilitasi aspirasi para murid dan orang tua siswa.

Ketua Serikat Mahasiswa Progresif Universitas Indonesia, Muhammad Fawwaz mengatakan, aksi ini sebagai tuntutan dari apa yang sudah diperjuangkan oleh wali murid selama ini.

Src

Load comments