DomaiNesia

Stasiun Tanah Abang Selalu Padat, Pemerintah Bakal Bangun Stasiun Baru

Stasiun Tanah Abang Selalu Padat, Pemerintah Bakal Bangun Stasiun Baru


Khabarberita.comPemerintah berencana akan membangun stasiun kereta baru di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat untuk mengurai kepadatan penumpang yang terjadi. 


Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan usulan pemindahan stasiun Tanah Abang oleh Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pembangunan stasiun baru tersebut akan dilakukan di atas lahan seluas 4 hektare yang lokasinya tidak jauh dari stasiun Tanah Abang saat ini, yaitu berjarak 500 meter.

“Secara kebetulan hanya berjarak 500 meter itu ada tanah sekitar 4 hektare. Oleh karena itu, kita akan membangun satu stasiun baru dengan menambah lintasan dari empat menjadi enam dan itu akan membuat lintasan-lintasan ini menjadi lebih efisien,” ujar Budi usai mengikuti Peresmian Stasiun Manggarai tahap 1 di Jakarta Selatan, Senin (26/12/2022).

Untuk tahap awal, pembangunan stasiun baru di Tanah Abang rencananya akan menjadi proyek kerjasama antara Kemenhub, Kementerian PUPR, dan Pemprov DKI Jakarta. Proses pembangunan diharapkan bisa mulai dikerjakan pada Januari tahun depan.

“Kami Kemenhub mengerjakan relnya, bangunannya dikerjakan oleh PU, lingkungan dan taman dikerjakan oleh DKI. Nah itu ditargetkan Januari sudah mulai. Kita harapkan bisa cepat selesai karena itu bangunannya sederhana,” kata Budi.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan pembangunan stasiun baru di kawasan Tanah Abang akan sangat membantu mengurai kepadatan penumpang yang selama ini terjadi.

PT KAI mencatat ada sekitar 48.000 orang yang setiap harinya turun dan keluar masuk di stasiun Tanah Abang, serta ada sekitar 150 ribu penumpang yang melakukan transit di stasiun tersebut setiap harinya.

“Dengan inisiatif pemerintah membangun stasiun baru seperti ini, kapasitas penumpang kereta di Tanah Abang akan meningkat,” kata Didiek.

Src

Load comments