DomaiNesia

25 Kali Letusan, Gunung Semeru Muntahkan Lava Pijar

25 Kali Letusan, Gunung Semeru Muntahkan Lava Pijar


Khabarberita.comAktivitas vulkanik Gunung Semeru kembali meningkat pada Rabu malam, (11/1/2023). Aktivitas Gunung Semeru terpantau dari rekaman video CCTV dari pukul 21.00 - 24.00 melalui unggahan akun Youtube CCTV Semeru, teramati kawah Gunung Semeru beberapa kali memuntahkan lava pijar disertai abu vulkanik. 


Asap berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal meluncur setinggi 300 meter dari puncak Semeru.

Muntahan lava pijar juga terjadi dalam beberapa hari belakangan yang mengakibatkan bibir kawah Semeru dipenuhi material vulkanik yang bisa berpotensi terjadinya awan panas. Dalam laporan pos pantau Gunung Semeru selama periode 6 jam pada pukul 18.00 - 24.00 WIB, tercatat telah terjadi 25 kali gempa letusan/erupsi dengan amplitudo maksimal mencapai 24 mm, dan durasi 60-125 detik.

Selain itu, terjadi 2 kali gempa guguran dengan amplitudo 2-4 mm dengan durasi 35-50 detik. Sementara, untuk status Gunung Semeru hingga saat ini masih pada level III atau Siaga.

Kepala BPBD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan tetap meningkatkan kewaspadaan. "Saya imbau masyarakat jangan panik, menunggu informasi resmi yang diberikan PVMBG menunggu rilis dari rekan-rekan yang ada di pos pantau Gunung Semeru. Untuk itu tetap waspada, saling memberikan informasi masyarakat diminta untuk seleksi berita terutama menunggu informasi resmi yang dirilis PVMBG atau BPBD," katanya.


Masyarakat diminta untuk tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak. Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan. Masyarakat juga diminta untuk tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar.

Src

Load comments