DomaiNesia

Gibran Beri Sinyal Kaesang Maju Pilkada, Bukan Caleg

Gibran Beri Sinyal Kaesang Maju Pilkada, Bukan Caleg


Khabarberita.comWali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka membocorkan niat adiknya Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik. Gibran mengungkapkan Kaesang akan maju di Pilkada 2024 dan menjadi kepala daerah, bukan maju sebagai calon anggota legislatif (caleg).

Gibran mengungkapkan hal itu setelah anak bungsu Kaesang menyatakan niat terjun ke dunia politik.

"Eksekutif. Itu, sudah tak bocorkan," ujar Gibran ketika ditanya sejumlah awak media seputar rencana Kaesang untuk ikut terjun ke dunia politik, Rabu (25/1/2023).

Gibran juga memastikan langkah politik Kaesang itu akan dimulai dari bawah, bukan langsung di atas.

"Ya tetap dari level bawah dulu. Mosoklangsung presiden?" katanya.

Namun, untuk kepastiannya, termasuk mengenai daerah yang akan dipilih Kaesang untuk mencalonkan diri, Gibran meminta awak media agar menanyakan langsung kepada putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

"Tanya Kaesang saja ya? Itu teman-teman media di Jakarta kon nggolekiKaesang neng (suruh cari Kaesang di) Kuningan, neng Rasuna Said," kata Gibran.

Demikian pula saat ditanya partai yang akan dipilih Kaesang sebagai kendaraannya untuk maju pilkada, Gibran juga meminta agar hal itu ditanyakan langsung kepada yang bersangkutan.

"Tanya Kaesang. Kaesang saja yang memutuskan ya. Beda partai boleh, sama juga boleh, independen boleh. (Untuk rekomendasi partai?) semua bagus. Tergantung dekke mengko milih kota opo ya (tergantung dia nanti memilih kota apa)," katanya.

Gibran mempersilakan Kaesang untuk bertemu Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo jika nantinya memilih untuk maju di Pilkada Solo. 

"Yo Kaesang kon sowan Pak Rudy sek no (Ya Kaesang disuruh menghadap FX Hadi Rudyatmo dulu). Penak to (enak kan)?" ucapnya.

Ditanya kemungkinan Gibran akan membantu Kaesang jika maju di Pilkada itu, Gibran menepisnya.

"Wis sunat, isoh mangkat dewe (sudah khitan, bisa berangkat sendiri)," katanya lagi.

Gibran mengaku telah memberikan restu kepada Kaesang yang berniat terjun ke politik. Ia bahkan mendoakan yang terbaik untuk sang adik. Padahal, sebelumnya, Gibran sempat menyatakan tidak pernah mendorong bahkan tidak mendukung adiknya terjun ke politik.

"Intinya saya doakan yang terbaik untuk Kaesang. Aku yo wis merestui (saya juga sudah merestui)," ucap Gibran.

Ditanya kekhawatirannya jika kelak harus bersaing dengan adiknya saat berkompetisi di dunia politik, Gibran dengan penuh percaya diri meyakini bakal lebih dulu naik.

"Ngko ndisiki munggah (nanti mendahului naik)," kata Gibran.

Src

Load comments